Sabtu, 14 Mei 2011

Kebaya Akad Nikah

Untuk membayar janji saya di postingan sebelumnya tentang kebaya akad nikah..inilah dia.


Cukup jelaskah? Yaa..kurang lebih seperti itulah hasilnya.. :-) Tadinya saya pengen nuansa silver grey (tanpa putih)..tapi karena kain samping yang saya dan Dodo pake ternyata jadinya yang didominasi warna putih, jadilah saya pake bustier putih juga untuk nyeimbangin warna kainnya. And surprisingly..ternyata dengan nuansa putih ko malah jadi lebih cantik ya.. :-) Memang agak bahaya sih kalo kita cuma bermain di warna silver dan grey aja. Salah-salah pilih warna greynya aja..bisa-bisa ntar jatohnya terlalu kelabu..nuansa akad pun malah jadi gloomy. Sayang kan?
Overall..saya juga puas banget sama hasil jaitan Tante Dewi ini. Model kebayanya persis sama yang saya pengen, ukurannya fit banget di badan saya, panjang ekornya juga pas sesuai maunya saya, dan seperti biasa..ga perlu fitting berulang-ulang karna tante Dewi emang udah tau banget karakter body semoknya saya..hahaha.. :-D Dan kalo poin-poin itu udah terpenuhi ..saya udah ga lagi mikirin harga. Alhamdulillah..all worth it pokonya.. :-)

A (Belated) Recap.. (Part One)

Hihihi..belated sekali memang. Nikahan udah sedari Februari..baru hari gini kepikiran lagi buat bikin recap. Gapapa lhaa yaa..namanya juga penganten baru. Boro-boro update blog untuk share summary perintilan nikahan..adaptasi sama kehidupan baru aja ko ga tuntas-tuntass nih kayaknya..(agaiiin..kesibukan dijadikan alasan) hahaha.. :-D
Well..enough for making excuses then.. :-p Time for telling out the details now..here they are...
  • Undangan : NU**TA. Hmmm..i better not telling you guys clearly about the vendor. Aga gak puas soalnya.. (ngeri aja kalo ntar ujung-ujungnya malah dituntut orang, cuma karna niat baik saya untuk berbagi pengalaman) :-( Mulai dari desain yang ga sesuai sama yang kita mau (karena adanya intimidasi dari mereka, plus human error yang sangat mengganggu), waktu penyelesaian yang molor (yang tentunya pengaruh juga ke waktu penyebaran undangan), plus hasil akhir yang ga banget (i should tell that..hasilnya 50-50. 50 persen mulus..50 persennya lagi ga lolos QC!!). Dan karna waktu penyelesaiannya yang molor..terpaksa deh 50 persen undangan yang ga lolos QC itu musti disebar juga. Rata-rata cacatnya sih ada di denah lokasi..yang tampak blur dan ga terbaca sama sekali..hiks..maaf-maaf yaa buat yang nerima undangan ga lolos QC ini.. (.-__-.). Hmmh..mungkin ini bisa jadi pelajaran buat para capeng yang lagi prepare perintilan nikahan juga. Sebisa mungkin..hindari vendor yang merupakan temen kita sendiri. Kenapa? Well..when good things happen..misalnya puas dengan hasil pesenan kita sih mungkin ga masalah yaa. Tapi begitu terjadi sebaliknya..it's sooo hard for us to complain..serbagaenak..serbakagok.. :-( Akhirnya dengan terpaksa kita nelen semua komplenan yang sebenernya banyak banget itu. Well..apa mau dikata, niat baik nolongin temen biar dapet proyekan akhirnya cuma dibayar dengan ketidakpuasan. Hmmmh..how sad was that.. (-__-'!|)  Untuk poin yang ini saya bisa bilang..gagal. Tapi yaa..apa pun itu memang ngga ada yang sempurna kan. Lagian..kalo dikembaliin ke hakikat pernikahan sesungguhnya, kegagalan di poin undangan ini kita anggap ga ada apa-apanya. Karena toh undangan ga jadi penentu sah atau enggaknya pernikahan. Bukan begitu? :-) 
  • Souvenir Resepsi (cermin pasir) : Griya Art, Pasar Baru Trade Center B1/F16 Jln. Otista Bandung. Hasilnya..alhamdulillah..puass sangat!! Padahal nih yaa..pemilihan vendor souvenir ini bener-bener ga sengaja. Niatnya cuma jalan-jalan nyari seserahan..pas mo pulang malah nyasar ke lantai bawah ke tempat khusus souvenir. Dan kepincutlah saya sama kiosnya yang nyediain banyaaak banget varian souvenir. Setelah sempet mau milih manicure kit, gerabah berupa tempat garam & merica, dompet, akhirnya pilihan jatuh kepada cermin pasir yang tampilannya oke-oke punya. Apalagi setelah tanya harganya ga terlalu mahal juga.. Rp 3.500/pcsnya, udah termasuk kotak mika, pita, plus sablon nama & tanggal pernikahan kita..murah kaan??? :-) Oya..saya juga pernah liat kaca pasir kayak gini di salah satu toko dengan banderol Rp 15.000/pcsnya, tampak lebih esklusif dan mahal karena memang bahan dasarnya stainless. Tapi biarpun souvenir ini berbahan dasar plastik..it looks exactly the same ko. Soal kualitas juga ga jelek-jelek amat. Di bulan ketiga saya nikah pun..the shape is still perfect..(meskipun udah beberapa kali jatoh ngga sengaja :-p), hiasan pasirnya juga masih menempel dengan sangat baik di cover depannya. Tadinya saya pesen souvenir ini 600 pcs aja. Dari 500 undangan yang disebar, saya lebihin 100 pieces buat keluarga. Tapi..saking takutnya bakal kekurangan..dengan banyaknya wedding blog yang bilang kalo jumlah souvenir itu better 1 1/2 kali dari undangan, akhirnya saya pesen 150 pcs lagi buat jaga-jaga. And you know what..dari total 750 pcs yang saya pesen itu..lebihnya bisa sampe 30 biji. Kata pelayannya sih buat spare, in case ada yang cacat di antara pesenan saya. But trust me..secacat-cacatnya juga barangnya masih useful banget..cacatnya paling cuma di sablonan nama yang terlalu tebel atau sebaliknya. Alhamdulillah puas sama barangnya..dan jumlahnya yang ternyata berlebih. Masih ada sisa kaca pasir buat keluarga besar, temen-temen yang ga sempet dateng di nikahan saya, plus anak-anak tetangga. Love it!! Hope you guys who receive it love them too.. ;-)
  •  Buku Tamu : Toko Buku Balubur. Tadinya skalian mo beli dari Griya Art juga pas sambil pesen souvenir..bagus-bagus juga soalnya. Tapi sayang..warna ungu yang jadi tema resepsi saya lagi ga ada.. :-( Jadilah saya titip Chacha buat beliin buku tamunya di Balubur aja. Guess when..belinya H-5 doong..hahaha..so mepet yaaa.. :-D Harganya juga ga mahal ko.. Rp 18.000/pcs..dengan desain yang ga standar, tetep cantik dengan warna ungu gradasi pink. Tadinya mo beli 4 pcs..tapi karena cuma tersisa 2 lagi ya mo bilang apa. Takutnya malah wasting juga kalo beli banyak-banyak. And thanks God..dua buku tamu aja masih cukup ternyata. Alhamdulillah. Thanks to Chaca jugaa.. :-)
  •  Souvenir Pengajian (payung) : Jln. ABC. Karena yang nyariin barangnya Chaca..saya gatau nama tokonya apa. Tapi yang pasti sih saya puas sama hasilnya. Jujur aja nih..pemilihan payung sebage souvenir nikahan ini baru deal di H-4 pengajian nikahan saya looh.. :-p Tadinya sempet bingung antara payung atau pashmina..tapi karna bingungnya kelamaan..jadinya nyari-nyarinya malah ikutan molor juga. Alhamdulillah..masih rezeki saya. Biarpun mepet begitu saya bisa tetep dapetin souvenir yang kita mau dengan kualitas oke. Sebenernya aga sedih karena gabisa kasih sablonan kecil nama kita di payungnya. Tapi salah sendiri juga sih..soale kalo payungnya mo disablon, minimal ada spare seminggu buat ngerjain sablonannya. Lha ini?? :-D Untungnya yang punya toko ga keabisan akal..dibikinlah nama saya & Dodo di stiker trus ditempelin di gagang payungnya. Not bad at all lho..karena stiker itu jatohnya juga malah kayak disablon di gagangnya.. :-) Dan untuk payung kualitas bagus plus stiker nama, harga per piecesnya cuma Rp 15.000 saja.. Alhamdulillah..
  • Box Seserahan : Evita Salon. Yang lebih tau soal ini..jelas ibu mertua saya..ehehe. Soalnya saya cuma tau anter barang-barang seserahan yang memang tadinya dikumpul di rumah saya, ke rumah mertua untuk dihias di sana. Salon sebenernya ga cuma nyewain box dan hiasannya aja, jasa ngehiasnya mereka sediain juga. Tapi karena ada kaka sepupu Dodo yang biasa menghias box hantaran..jadinya yaa diberdayakan..ehehe. Untuk box ini..saya ibu mertua menyewa 20 box. Harganya Rp 5.000 /pcs udah berikut hiasannya. Murah kaan?? :-)  
  • Box Angsul-angsul : Lucy Salon. Aga aneh ya? Pernikahan adat Sunda tapi ko ada angsung-angsulnya segala.. :-D Yaah biarpun di luar kebiasaan..niatnya toh baek. Saya cuma pengen kasih sesuatu yang bisa dipake suami setelah menikah nanti. Jumlah itemnya memang ga sebanyak seserahan dari Dodo buat saya..tapi seenggaknya barang-barang yang bakal dia pake sehari-hari ada di paket angsung-angsulnya. Misalnya baju dalem, handuk, pakaian dan sepatu kerja, dll. Harganya sewa boxnya lebih murah dari salon pilihan ibu mertua, yaitu Rp 4.500/pcs. Tapi yang ini ga plus hiasan..jadi musti pinter-pinter ngehias sendiri. Untungnya angsul-angsul buat laki..jadi ga terlalu ribet juga kasih hiasannya..hihihi.. :-)
Is that it? Segitu ajakah persiapannya? Wohoho..tentu tidaaak.. :-D Masih banyak dan panjaaaang cerita untuk vendor-vendor lainnya. Saya kan masih belom sharing soal rias, dekor, katering, plus yang paling basic dan penting yaitu persyaratan pernikahan KUA yang persiapannya lebih menguras emosi, tenaga, dan yang pasti..dana..hahaha.. :-D Tapi alhamdulillah..semuanya berjalan lancar, dan akhirnya kami juga bisa melewati itu semua dengan baik. Kalopun ada kurang ini itu di sana sini selama persiapan resepsi..toh masih tertutupi dengan kebahagiaan kami sekarang setelah sah jadi suami istri.. :-)
Satu hal yang musti diinget buat para capeng..jangan sampe semua persiapan resepsi ini justru bikin kita lupa sama tujuan pernikahan kita sebenernya..yaitu membina rumah tangga sakinah mawadah warohmah. So, lebih baik ngutamain persiapan mental kita dan pasangan, terutama untuk prosesi akad nikah yang memang adalah inti dari acaranya.
Well..thanks for reading. Semoga blog ini bermanfaat. Mudah-mudahan recap ini juga bisa kasih referensi dan gambaran buat para capeng yang baca. Kalopun ngga..at least dengan nulis ini saya bisa membangkitkan lagi ingatan tentang masa-masa persiapan yang melelahkan tapi sangat-sangat memorable itu..hehehe.. :-D

Jumat, 14 Januari 2011

About Kebaya Akad Nikah..

Well..well..well..udah ampir sebulan kebaya akad saya masiiiih belum selese juga. Aga deg-degan niiih..soale hari H-nya kan kebilang bentar lagi. Tapi bismillah deh..mudah-mudahan jaitan Tante Dewi kali ini kayak yang udah-udah..dengan ekstra waktu pengerjaan yang dia minta..ekstra jugalah hasilnya. Amiin..

Sebenernya, di awal persiapan nikahan saya ga ada niat mo jait sendiri kebaya akad ini. Saya pikir, cukup pake kebaya akad yang disediain tukang rias aja deeeh..toh perias sekarang stok kebaya akad & resepsinya udah oke-oke benneerr. Tapi setelah diobrolin sama mama..dengan jait sendiri kan saya jadi punya kenang-kenangan ya. Lagian toh dibandingin biaya sewa, biaya jait kebaya juga gajauh beda, tapi kita masih dapet lebihnya. Misalnya, dengan harga sewa seperangkat kebaya akad Rp 1 juta, kita bisa bikin kebaya akad dengan harga segitu juga (perhitungan harga bahan, payet, dan ongkos jait)..plusnya..kebaya akad itu jadi milik kita. Eittss..jangan bilang kebaya akad itu cuma bisa sekali pake looh. Kebayanya kan masih bisa dimodifikasi lagi buat dipake di acara resmi lain. Atau..sukur-sukur kebaya itu malah bisa dipake anak perempuan kita untuk akad nikahnya juga.. (dengan catatan anaknya enggak merasa dipaksa emaknya untuk mundur ke gaya pengantenan jaman dulu lho yaaa, apalagi maksanya pake ngancem bunuh diri segala..ahaha.. :-D)

Karena konsep resepsi saya nanti ungu-silver, saya pilih warna silver keabuan untuk kebaya akad nikahnya. Bustiernya dan kaennya sendiri udah saya siapin warna putih, dodo pun nantinya bakal pake beskap dengan nuansa yang sama..putih-silver. Tapi setelah ngobrol-ngobrol sama Okky, perias saya, dia bilang justru bakal lebih bagus & glamor kalo bustier dan kainnya pake warna abu-abu sekalian..trus nanti dodonya pake beskap warna abu-abu juga. Hmmm..jadi kepikiran ganti warna nih..

Tar deh..begitu kebaya selese..barulah saya fitting kebayanya pake masing-masing warna itu. Bagus enggaknya kan musti saya coba dulu satu-satu yaa. Takutnya malah warna abu-silver yang dibilang bagus & glamor sama Okky, malah jatohnya gelap medem di saya & dodo. Kan sayaang... :-S

Oya..bahan kebaya akadnya nanti kurang lebih kayak gini:


Hehe..maap kalo kualitas gambarnya buruk rupa yaa. Makluuum aja..ngambil fotonya cuma dari kamera henpon plus sore hari pulak..beginilah jadinya. Aaaah..ngeliat foto ini jadi ga sabar pengen cepet-cepet liat hasil kebayanya nih. Doain hasilnya bagus dan fit di badan saya ya readers..i'll catch you later when it's done..  :-)

Rabu, 05 Januari 2011

Mengintip Foto Buku Nikah.. ;-)


Di tengah segambreng persyaratan nikah dari KUA yang blon juga diurusin..saya malah sibuk nyeret dodo untuk berfoto. Padahal belom lama juga kita bikin pas foto buat urusan kerjaan. Tapi teteuup..pengen aja pake foto teranyar buat buku nikah ntar.. :-p Biarpun sempet bingung soal standar background buku nikah..karena di luaran banyak banget yang pake laen-laen warna (cowok merah, cewek biru misalnya)..pilihan kami pun jatuh ke warna ini. Ya!! merah menyala dua-duanya.. :-D

Buat saya..hasilnya lemayan laaah..biarpun saya agak gapuas sama ekspresi senyum nanggung saya & dodo di foto ini..plus pundak saya yang tampak gak simetris karena rambut saya yang ngembang sebelah itu gak dibenerin dulu sama si mas-mas fotografernya.. (bahaha..niat bener nyari kambing item :-D)

Bismillah..insya Allah ini bakal jadi foto buku nikah pertama dan terakhir kami.. (hhmmm..aga merinding juga nih ngetik kalimat barusan). Dan mudah-mudahan..setelah urusan foto kelar..kami jadi termotivasi untuk ngurusin persyaratan KUA beserta segala birokrasinya..(mudah-mudahan juga ga ribet-ribet kayak yang orang-orang ceritain yaaa). Amin!!

Last but not least..seperti biasa..kami mohon doanya yaa.. :-)

Sabtu, 01 Januari 2011

Pelan-pelan..progress pun mulai keliatan.. :-)


Akhirnya..mulai berasa hawa-hawa mo nikahnya.. :-) Seserahan dan angsul-angsul udah kekumpul semua..seragam keluarga udah sampe di tangan masing-masing..suvenir udah selese dan sesuai dengan pesanan..alhamdulillah. Semoga yang lainnya menyusul segera yaa..termasuk kebaya akad nikah yang sekarang masih dalam pengerjaan..ammiiin ammiiin ya Rabbal alamiiin.

Sekarang..saya & Dodo bener-bener lagi usaha terus..biar sbulan ini semua preparation bisa beres semua. Bukan apa-apa..kita pengen sampe menjelang harinya nanti kita tenang & gak stress..biar ijab kabulnya lancar..dan aura pengantennya bner-bner kluar di pelaminan ntar..ehehe..amiiiin.. :-) Alhamdulillah..berkat bantuan dari keluarga juga..saya udah dapet vendor yang bisa kasih harga miring dengan kualitas yang insya Allah bikin puas. Saya ambil paket tenda, pelaminan, dekorasi, meja prasmanan & stand, kursi, alat makan & pemanas, dari satu vendor yang juga rekanan kaka sepupu saya. Harganya? Hmm..nyaman di kantong lah pokonya..ehehe.. :-)

Soal rias..sebenernya ada beberapa kandidat nih. Jujur..untuk yang satu ini saya emang hati-hati banget. Wajar lah ya..ini kan momen once in a life time. Tampil cantik bak putri sekali seumur hidup kan ga salah ya..*caelaaa* :-) Makanya saya ga mao asal-asalah milih tukang rias. Lagian..namanya rias kan cocok-cocokan ya. Hasil yang menurut orang lain bagus..belom tentu cocok di hati saya. That's why..beberapa vendor rias hasil saran dari beberapa temen & keluarga bener-bener saya seleksi dan liat dulu hasilnya langsung sebelum akhirnya saya ambil keputusan.

Ternyata niih..pilihan saya untuk riasan pengantin nanti ga jauh-jauh. Di acara nikahan kakak saya minggu lalu, saya suka banget ngeliat riasan kakak ipar & keluarga besan. Riasannya rapi..ngga menor, tapi tetep kliatan wah di antara tetamu. Trus kebaya pengantennya juga uptodate banget. Pokonya saya suka.. :-) Oya..nama juru riasnya Mas Okky, dia punya salon di daerah Cicaheum sana. Agak jauh siih dari rumah saya..tapi worth it lah dikejar juga.. :-) Begitu tau harganya, minat saya sama hasil riasan Mas Okky ini ga bekurang sama skali. Menurut saya sih, dengan hasil riasan yang serapi itu harganya ga terlalu mahal dan masih nyaman di kantong saya. Sayang..sampe skarang saya masih blom sukses aja ngubungin belio. Mudah-mudahan secepetnya bisa deal dan kasih dia DP deh. Lagi-lagi..biar kami tenang skaligus ngiket di biar ga ngerias kmana-mana pas di harinya nanti.

Hmmh..sgitu dulu aja kali yaa update & sneak peeknya.. :-) Sekarang saya & Dodo ga berenti berusaha & berikhtiar biar pa yang kami impikan sejak lama bisa bener-bener terwujud. Tentunya sambil berdoa..semoga Allah meridhoi usaha & iktiar kami ini. Kami juga tetep minta doanya yaa..biar semua bisa berjalan lancar hingga hari H, dan hari-hari berikutnya. Amiiin ya Rabbal alamiiin.. :-)

Rabu, 29 Desember 2010

Dan Kami pun tak Jadi Melangkahi.. ;-)


Tadinya..kakak cowok saya satu-satunya ngerasa pernikahan masih jauh dari pikiran dia. Entah karena belom dapet chemistry (halah) dengan ceweknya yang dulu untuk ngelangkah lebih jauh, atau belum ngerasa mantep untuk nikah, yang jelas dia ngerasa sayalah yang lebih dulu siap untuk nikah..sampe akhirnya saya jugalah yang didaulat buat jadi pengantin pertama di rumah.. :-D

Itulah kenapa saya akhirnya serbasibuk nyiapin smua printilan pernikahan..stelah saya dapet izin untuk nyalip sang kakak untuk nikah. Nikah emang jadi hal yang udah saya & dodo tunggu-tunggu. Gimana ngga..saya yang skarang udah ngelewatin ampir enam taun pacaran bareng dodo..memang udah ngomongin soal nikah di dua taun pertama kami pacaran. Kami pikir..apalagi? Kalo udah ngerasa saling cocok..umur udah cukup..udah sama-sama punya penghasilan buat menafkahi hidup kami nanti..plus udah dapet restu dari kedua belah pihak keluarga..dan yang pasti sama-sama punya keinginan berkeluarga..kenapa musti ragu ambil step untuk nikah bukan?

Dan alhamdulillah..berkah dari Allah..di tengah persiapan saya & dodo untuk nikah, akhirnya datang jugalah niatan yang sama dari kakak saya. Dia akhirnya ngerasa mantep dan mutusin untuk nikah di akhir tahun ini, tepatnya 26 Desember lalu. Salut saya..dalam waktu yang cukup singkat mereka nyiapin semuanya..dan pernikahannya alhamdulillah bisa berjalan lancar.. :-)

Ya..alhamdulillah..sekarang kakak saya udah resmi menikah. Saya & dodo pun ga jadi melangkahi. Dan insya Allah..dalam waktu dekat, akan ada satu pernikahan lagi..untuk kami. Amiin.. :-)