Rabu, 29 Desember 2010

Dan Kami pun tak Jadi Melangkahi.. ;-)


Tadinya..kakak cowok saya satu-satunya ngerasa pernikahan masih jauh dari pikiran dia. Entah karena belom dapet chemistry (halah) dengan ceweknya yang dulu untuk ngelangkah lebih jauh, atau belum ngerasa mantep untuk nikah, yang jelas dia ngerasa sayalah yang lebih dulu siap untuk nikah..sampe akhirnya saya jugalah yang didaulat buat jadi pengantin pertama di rumah.. :-D

Itulah kenapa saya akhirnya serbasibuk nyiapin smua printilan pernikahan..stelah saya dapet izin untuk nyalip sang kakak untuk nikah. Nikah emang jadi hal yang udah saya & dodo tunggu-tunggu. Gimana ngga..saya yang skarang udah ngelewatin ampir enam taun pacaran bareng dodo..memang udah ngomongin soal nikah di dua taun pertama kami pacaran. Kami pikir..apalagi? Kalo udah ngerasa saling cocok..umur udah cukup..udah sama-sama punya penghasilan buat menafkahi hidup kami nanti..plus udah dapet restu dari kedua belah pihak keluarga..dan yang pasti sama-sama punya keinginan berkeluarga..kenapa musti ragu ambil step untuk nikah bukan?

Dan alhamdulillah..berkah dari Allah..di tengah persiapan saya & dodo untuk nikah, akhirnya datang jugalah niatan yang sama dari kakak saya. Dia akhirnya ngerasa mantep dan mutusin untuk nikah di akhir tahun ini, tepatnya 26 Desember lalu. Salut saya..dalam waktu yang cukup singkat mereka nyiapin semuanya..dan pernikahannya alhamdulillah bisa berjalan lancar.. :-)

Ya..alhamdulillah..sekarang kakak saya udah resmi menikah. Saya & dodo pun ga jadi melangkahi. Dan insya Allah..dalam waktu dekat, akan ada satu pernikahan lagi..untuk kami. Amiin.. :-)

Senin, 18 Oktober 2010

Tang Ting Tung..


Tahapan ini pun akhirnya dimulai. Yup..berhitung. Kaitannya apa lagi kalo bukan sama uang. Rias, dekor, katering, tenda (karena kami berniat resepsian di rumah), plus tektek bengek lainnya dari vendor-vendor yang udah kami incer..setelah diitung-itung nominalnya ternyata lumayan bikin sesek napas. Hmmmmh..uang yang kekumpul setelah sekian lama menabung..kayaknya bakal kekuras untuk acara yang hanya berlangsung satu hari aja deh.. (-_-!!)
 
Terus..apa memang itu inti dari pernikahan? Apa memang resepsi is the main thing dari pernikahan itu sendiri, sampe-sampe kami harus ngerelain tabungan kami kekuras cuma buat perayaan satu hari? Of course not!!! Ijab kabul dan resepsi, menurut saya adalah pembuka jalan. Inti pernikahan yang sesungguhnya justru baru akan dimulai setelah ijab kabul dan resepsi itu selesai, bukan?
No wonder lah, kalo pikiran "sayang uang" akhirnya hinggap di diri kami sekarang. Gimana nggak, sebage calon pasangan suami istri (amiin ya Rabb), sampe sekarang kami masih belum punya rumah buat kami tinggali nanti, masih belum punya tabungan masa depan buat keluarga baru kami. Apalagi setelah tahap kalkulasi itu..tabungan yang kami kumpulin sekian lama..justru kayaknya bakal abis buat satu hari aja. Ya..resepsi..perayaan satu hari..sodara-sodari. Hhmmmmh.. *thinking*

Setelah itung-itungan budget sambil memikirkan masa depan kami, kalo boleh jujur sih saya jadinya malah pengen nikah sederhana aja deh. Yang penting sah menurut agama, mengikuti rukunnya, sah juga di mata negara dengan mendaftarkannya di catatan sipil, dan tentu..mengabarkan berita gembira tersebut ke keluarga besar dan kerabat lewat selametan sederhana. That's it. Karena gimana pun..saya kan ga boleh tutup mata dari apa yang akan kami hadapi setelah menikah. Tuntutan hidup sebagai keluarga baru nanti tentunya cuma bakal kami emban berdua bukan? Mentally..an of course financially...

Tapi niih yaa..gimana pun juga..sebage anak perempuan tertua di rumah, yang lahir di keluarga cukup besar..rasanya saya gabisa egois gitu aja ya. Rasanya gabisa kalo segitu "sayangnya" ngeluarin uang sampe-sampe kami mengabaikan orang-orang penting lain di dalam kehidupan kami. Orang tua, misalnya. Yah..sedikitnya pasti ada keinginan dalam diri mereka untuk menjamu keluarga besar, kerabat, dan sahabat..di kali pertama mereka menikahkan putrinya. So, tentunya kami harus rela kalo fokus kami untuk masa depan itu sedikit tersita dengan perayaan satu hari tadi. Kami juga harus ikhlas kalo uang yang kami kumpulkan sedikit demi sedikit itu akhirnya terkuras untuk biaya resepsi. Dengan begitu, setidaknya kami bisa membahagiakan mereka di akhir masa lajang kami..tanpa harus merepotkan mereka apalagi harus memikirkan biaya itu ini untuk pernikahan kami. (Amin)

Well..we simply took it as our fault. Mungkin nyisihin duitnya kurang banyak yaak..mungkin kita nabungnya kurang rajin..mungkin juga jangka waktu nabungnya terlalu singkat..sampe-sampe mau gak mau urusan masa depan jadi urutan berikutnya setelah keperluan resepsi. Hiks.. ;-(

Tapi beruntung..alhamdulillah..dalam situasi seperti ini selalu ada Dodo yang menguatkan saya dalam setiap langkah kami. Kami akan beriktiar semampu kami..untuk masa depan kami..dan memasrahkan semuanya kepada Allah. Bismillahirahmanirrahim..apa pun itu yang kami "korbankan"..dengan modal keikhlasan..dengan harapan bisa membahagiakan orang tua dan orang-orang yang kami kasihi..dengan cita-cita kami membina rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah..semoga pernikahan kami kelak akan membawa berkah bagi semua. Amin ya Rabbal alamin.. ;-)

Minta doanya yaa.. :-)



***

Selasa, 20 Juli 2010

Semua Punya "Kalender"...


Setelah sebelumnya saya dan dodo memilih satu tanggal dan disetujui oleh keluarga saya (yang memang sangat ingin menikahkan saya segera :-p), ternyata..setelah didiskusikan dengan keluarga dodo, pengajuan tanggal itu sayangnya enggak bisa di-acc gitu aja (udah kayak ajuin proposal aja yaa :-p). Pertimbangannya, di bulan dan tanggal yang kami pilih, secara kebetulan ada sodara ipar dari pihak dodo yang juga menikah di tanggal yang sama. And..it means, tanggal yang udah kita incer..mau enggak mau harus kita alihin ke tanggal lain.. *sigh* (~_~!)
Karena dodo adalah anak bungsu, dan insya Allah ini bakal jadi pernikahan terakhir di keluarganya, pasti dia pengen banget semua anggota keluarganya dateng di acara pernikahan kami nanti. Kalau bisa, enggak satu pun di antara mereka berhalangan hadir. Tapi, ngeliat persiapan sodara ipar dodo yang udah jauh lebih mateng, tentu kita yang persiapannya masih terbilang minim harus mau ngalah ya. Jadilah..tanggal yang udah kami punya sebelumnya, akhirnya dieliminasi dari daftar kami..

Teriring doa untuk saudara ipar dodo (yang insya Allah akan jadi saudara ipar saya juga) semoga pernikahannya lancar dan kelak rumah tangganya penuh berkah dan kebahagiaan. Amin.

But, can we call this as another obstacle?? Hmmm..guess so. But since we're heading the finish line..if this is what we have to get through..we don't mind. In fact, every flower has its season to bloom..right? Well..maybe it's just not our season yet. Maybe later..soon enough i hope.. :-)

*It's time for us to set another date now..wish us luck..  \(^_^)/

peace & love

@cy

Rabu, 07 Juli 2010

Family Matters.. :-)


Emmm..ternyata motivasi terbesar untuk kembali posting blog itu adalah sesama blogger ya. Tadinya maleeeush bener buat postingan..padahal banyak banget yang pengen di-share. Sampe akhirnya seseorang ngingetin saya sama media curhat ini..dan mengalirlah semuanya.. :-)

Well..bout the wedding..so far progressnya adalah bertambahnya beban pikiran saya. Ehehe..emang tambah pusing ya jadinya..tapi at least itu bikin saya sadar bahwa prosesnya sedang berjalan dan insya Allah semakin deket dengan tujuan. Mudah-mudahan aja semuanya bisa berjalan lancar dan pernikahan ini bisa menjadi berkah buat saya, dodo, dan keluarga kami ya. Amin!!!  :-)

Soal venue, resepsi yang tadinya bakal diselenggarain di gedung pilihan saya dan dodo, kayaknya bakal ngalemin perubahan deh. Kalo di postingan sebelumnya saya dan dodo udah survei beberapa gedung terdekat dan terepresentatif dengan konsep resepsi yang kita punya, posting kali ini (dan mungkin berikutnya) akan totally beda dari apa yang saya dan dodo rencanain sebelumnya. (agak sedih sih, tapi kalo memang untuk kebaikan kami, inya Allah kami ikhlas..)

Setelah diskusi sama keluarga besar, orang tua saya yang tadinya setuju dengan pilihan saya dan dodo (untuk resepsian di gedung), akhirnya menyarankan untuk mengadakan resepsi di rumah aja. Menurut orang tua dan keluarga besar saya, pernikahan di gedung akan bikin mereka dan keluarga besar enggak bisa banyak terlibat karena semuanya serba diurus vendor. (ga salah juga kalo mereka sampe sgitunya..karena ini bakal jadi pernikahan pertama di keluarga saya). Pernikahan di gedung pun menurut mereka akan bikin suasananya kaku, sementara mereka ingin pernikahan ini penuh kesan dengan melibatkan keluarga besar kami. Dan yang pasti..pertimbangan untuk mengalihkan venue ini pun demi pemangkasan anggaran. Mereka pikir (dan kami pun sangat setuju) biaya ekstra untuk pernikahan di gedung dengan hal-hal yang serba diurus vendor, akan sangat berguna jika dialokasikan untuk hal yang jauh lebih penting untuk masa depan saya dan dodo (rumah, misalnya). Off course..we can't agree more about it.. :-)

And yesss..inilah dia yang saya bilang sebage beban pikiran baru. Dari yang tadinya cuma mikirin gedung plus dekorasi, sekarang musti mikir perintilan kayak tenda, kursi, AC, dan dekorasi pelaminannya. Dari yang tadinya fokus di katering doang, sekarang jadi ikut mikirin meja, stand, piring, sendok, garpu, pemanas, menu, dan lain-lain (karena dengan berpindahnya venue ke rumah, kami pun berpikir akan lebih leluasa kalo masak sendiri). Belom lagi urusan penghulu, rias, fotografi, kostum, seragam keluarga, dan satu yang paling penting..tanggal dan hari H yang sampe sekarang masih tentatif..belom juga sampe kata sepakat.

Hhhhhmmmmm..pusing memang..apalagi kalo semuanya dipikirin dalam waktu bersamaan. Tapi udah ah..kali ini saya berusaha ngurangin ngeluh..(kalo bisa sih berenti :-p) Mendingan juga energi buat ngeluhnya saya pake buat ngurusin perintilan yang banyak itu kan? Lagian mungkin ini semua memang musti saya lewatin..so..sekarang mah baeknya fokus ke menjalani dan menikmati prosesnya..dan melakukan yang terbaik untuk bisa mewujudkannya.

Bukan begitu? Well..doakan saja kami bisa melewati semuanya dengan baik ya guys.. :-) Amin...


peace & love

@cy

Minggu, 20 Juni 2010

Gedung bikin bingung..



Sejak mulai sibuk nyiapin ini-itu yang berbau per-wedding-an, kayaknya hari minggu enggak lagi bisa jadi hari saya buat berleyah-leyeh di rumah. Addaaaa aja yang musti dikerjain. Salah satunya adalah survei, sodara-sodara. Yang menyebalkan, hampir dipastiin, segala survei atau preparation di hari minggu enggak bakal bisa saya lakukan bareng Dodo. Secara..hari libur Dodo so far masih week day, dan itu bener-bener bikin saya harus ngehandle dulu semuanya sendiri, atau dibantu Sizzy Chacha yang (semoga) bakal siap sedia nganter saya ke mana-mana.. :-)

One thing about venue..sebenernya saya dan keluarga masih nyoba nyatuin suara (halah :-p). Detailnya kayak apa, ga perlu lah yaa saya ceritain de sini..hehe.. Intinya sih kita beda pendapat tentang venue dan lagi usaha nyari jalan tengah dari perbedaan itu. Perbedaan pendapat ini juga ga bikin saya dan keluarga ngotot-ngototan ko. Yang ada kita malah giat nyiapin versi masing-masing, jadi begitu siap nanti bisa diliat mana yang (insya Allah) sesuai buat pernikahan saya.

That's why..setelah sebelomnya browsing sana-sini dan tanya ini-itu lewat pihak ketiga, kali ini saya ngerasa perlu terjun langsung ke lapangan dan do something secepatnya.. (semangattt!!!) Akhirnya, setelah sukses merangin rasa males yang teramat sangat (sounds so lebay, huh.. :-p), kemarin saya mulai negdatengin salah satu gedung yang sudah lama saya incer. Nama gedungnya Gedung Sudirman. Tempatnya ada di dalam Kompleks Pusdik Armed. Gedung ini jaraknya paling deket dari rumah saya. Harganya juga (berdasarkan hasil browsing) sepertinya paling murah dari gedung-gedung inceran saya yang lain.. ;-) Maksud hati ketemu langsung sama pengurusnya buat konfirmasi harga dan ngecek tanggal yang kosong, hari itu ternyata sang pengurus ga ada di tempat. Tapi, bapak tentara yang lagi jaga waktu itu, ngasi saya izin buat masuk dan ngeliat-liat venuenya. Kebetulan waktu itu gedungnya baru banget beres dipake nikahan juga. Saya juga masih bisa ngeliat pelaminan dan beberapa meja stand yang memang belom sempet diberesin. Gedungnya lumayan luas juga ternyata. Dengan harga sewa 4 juta (include 100 kursi plus sound system) sebanding lah sama dan kondisi gedungnya yang representatif.

Saya pikir, okelah. Saya bisa mangkas budget venue kalo milih tempat ini. Tempatnya cukup luas, lingkungan sekitarnya bersih (mungkin karena ada di lingkungan asrama tentara kali ya) harga lumayan murah dibanding gedung-gedung lain, lokasi juga cukup strategis untuk undangan dari rumah atopun kantor. Pikir saya, lumayan recommended untuk ukuran pesta sederhana.. :-)

Taaaaapiiii..sesampenya di rumah..saya baru ngeh tentang satu hal. Bapak saya yang anggota polisi sedikit banyak bakal undang temen-temennya yang juga anggota polisi. Isn't it something awkward. Dan setelah saya sampein rekomendasi saya soal Gedung Sudirman tadi, bener aja bapak pun aga mesam-mesem dengernya. Dari jawaban bapak..saya nangkepnya sih, how ironic..anak polisi menikah di gedung yang letaknya ada di asrama Armed. Hmmmmm..tampak harus nyari venue laen nih.. :-p

Dari situ saya mikir-mikir lagi..kira-kira gedung mana yang "netral", sesuai konsep acara saya yang sederhana, dan yang pasti sesuai dengan budget juga. Dari situ saya juga harus rela ngeblacklist beberapa gedung inceran yang memang dikhawatirin bakal nimbullin sentimen profesi buat tamu undangan dan empunya venue.

Haduuu..bingung lagi dah... :-|

Senin, 14 Juni 2010

Bismillahirrahmanirahim.. we're on it, we can make it!!! :-)


Heeeeeeiiii..long time no see.. Tau-tau blogging lagi setelah due date pernikahan saya & Dodo makin deket aja niiih..hehe.. :-) Tapi maaf..saya belum berani menyebut tanggal dan bulannya.. Yang jelas saya dan Dodo sudah menemukan tanggal yang tepat untuk hari H dan insya Allah sekarang tinggal berjuang melengkapi segala persiapannya. Doakan kami terus yaaa..

Oya, kakaknya Dodo (Teh Ari) yang semula akan menikah awal tahun ini, karena satu dan lain hal terpaksa harus mengulur waktu pernikahannya. Akhirnya, pernikahannya pun baru bisa diselenggarakan 6 Juni lalu, yang alhamdulillah berjalan lancar. Itulah kenapa baru saat ini saya & Dodo berani menyibukkan diri dan berkonsentrasi penuh pada pernikahan kami. Maklum saja, bulan-bulan kemarin, keluarga Dodo khususnya, sangat disibukkan dengan pernikahan Teh Ari yang memang di-arrange sendiri oleh keluarga. Selama masa itu, saya & Dodo tentu tidak mau menjadi pengalih perhatian. Biarkan satu per satu hari besar selesai dulu, barulah kami menyibukkan diri dalam persiapan pernikahan kami yang sedikit banyak juga akan menyita perhatian keluarga Dodo, dan keluarga saya tentunya..ehehe... :-)

Dan sekarang, setelah saya & Dodo bisa mulai sibuk terjun langsung mengurus semua persiapan, mendiskusikan apa maunya kami, mengalkulasi semua biaya, kami pun bisa merasakan apa yang dirasakan oleh teman-teman kami yang sudah menikah lebih dulu.. :-) Ketegangan demi ketegangan menjelang pernikahan perlahan mulai terasa. Menyatukan isi dari banyak kepala, mencari jalan tengah dari setiap perbedaan pendapat, baik dari saya, Dodo, orang tua, maupun calon mertua saya, ternyata memang tidak gampang. Tapi bagaimanapun sulitnya, kita harus bisa melewati ini semua. Karena inilah tantangannya, bukan?

Di saat semua terasa berat bagi saya, Dodo pun mengingatkan saya satu hal. When there's a will, there's a way. Ya..sudah sekian lama kami memendam keinginan untuk menikah. Rintangan demi rintangan telah kami lewati. Tantangan yang paling berat adalah perjanjian kantor yang tidak membolehkan saya menikah sebelum saya genap dua tahun sebagai pegawai tetap. Perjanjian itu akan berakhir Desember tahun ini. Insya Allah..inilah a way yang dimaksud. Insya Allah..inilah waktu yang tepat menurut Allah, untuk kami melangsungkan pernikahan setelah hampir lima tahun saling mengenal satu sama lain.

Kami sangat yakin bahwa ada hikmah di balik rintangan demi rintangan yang telah kami lewati. Saya dan Dodo bisa lebih menyiapkan mental kami berdua, tidak perlu melangkahi dua kakak perempuan Dodo yang semula merelakan kami menikah terlebih dahulu, dan yang pasti menyiapkan kemapanan untuk hidup kami yang baru. Insya Allah.. :-)

Bismillahirrahmanirrahim, semoga Allah meridai dan melancarkan segala usaha kami.

Amiiiiin....


P.S. Thanks to my only brother..who's very supportive for letting me have this one step forward (than he has) in a stage called marriage. Your support and prayers mean a whole world for me. I love you!!! :-) *hugs & kisses*